Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2023): Mei 2023

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V SDN 16 MANGGELEWA

Nurfidah Nurfidah (STKIP Harapan Bima)
hasnah hasnah (STKIP Harapan Bima)
Nur Afina (STKIP Harapan Bima)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2023

Abstract

Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Dalam pembelajaran matematika, jika siswa mengalami kesulitan belajar dianggap sebagai sebuah hal yang biasa dan sudah realita umumnya seperti itu. Hal ini disebabkan karena matematika merupakan pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran tematik siswa kelas V SDN 16 Manggelewa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar siswa SDN 16 Manggelewa berada pada kategori sedang, artinya hanya mengalami kesulitan pada materi. Sedangkan kesulitan pada pembelajaran tematik khususnya dalam menulis dan berhitung. Faktor internal yang mempengaruhi antara lain: motivasi atau cita-cita, lingkungan keluarga dan sekolah. Solusi yang diberikan membuat kelompok belajar, memberikan pelajaran tambahan, memberikan motivasi sekaligus nasehat dan memberikan cara untuk menghitung cepat yang menyenangkan.Abstrak harus ditulis secara singkat dan faktual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendikdas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal Pendidikan Dasar merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan ...