Jurnal Sistem Informasi dan Sistem Komputer
Vol 8 No 2 (2023): Vol 8 No 2 - 2023

Rancang Bangun Game Edukasi Sebagai Media Pengenalan Rambu Lalu Lintas Berbasis Android

Linda Linda (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)
Awanis Hidayati (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)
Adha Maulana (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah game yang dapat mengedukasikan anak tentang mengenal rambu lalu lintas. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengembangan R&D (Research and Development), metode penelitian dan pengembangan merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan prototype, dan tahapan prototype mulai dari analisis kebutuhan, desain, dan implementasi. Pengujian penelitian ini menggunakan tiga pengujian yaitu pengujian black box, alpha, dan beta, dengan menggunakan aspek functionality, efficiency, dan usability. Pengujian ini dilakukan untuk menilai kelayakan game “PRANTAS” (Pengenalan Rambu Lalu Lintas) berbasis Android, pengenalan rambu lalu lintas yang diberikan kepada responden yaitu rambu perintah, peringatan, petunjuk, dan larangan. Hasil penelitian media game edukasi ini adalah dari semua aspek perhitungan alpha 92% dengan kategori sangat layak digunakan, sedangkan perhitungan semua aspek perhitungan beta 96% dengan kategori sangat layak digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

simkom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal SIMKOM menerbitkan jurnal akses terbuka penuh, yang berarti bahwa semua artikel tersedia di internet untuk semua pengguna segera setelah publikasi, penggunaan non-komersial dan distribusi dalam media apapun diperbolehkan, dengan syarat penulis dan jurnal tersebut dikreditkan dengan benar. ...