Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis moral agent dari pendidik atau guru terhadap penilaian kinerja guru pendidikan anak usia dini. Metode deskriptif mendasari penelitian ini dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi kepada 13 responden yaitu guru profesional yang memiliki sertifikat pendidik dan mengajar pada layanan usia 5-6 tahun di 7 satuan PAUD di Kota Solok. Sebagai guru profesional harus memiliki standar kinerja yang mampu menjadikan guru sebagai agen pembelajaran melalui kemampuannya, sekaligus agen moral melalui karakter dan perilakunya yang tercermin dalam kehidupannya sheari-hari maupun sebagai pendidik anak usia dini. Temuan dari penelitian ini adalah agen moral seorang guru profesional berada pada posisi yang jauh dari kualitas kinerjanya sebagai pendidik anak usia dini. Peneliti berharap kedepannya para guru mengembangkan keprofesionalannya sebagai agen pembelajaran bagi anak usia dini dan meningkatkan kepribadiannya sebagai agen moral pendidikan anak usia dini.
Copyrights © 2023