Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam muatan PPKn. Hal ini dikarenakan tidak banyak kegiatan atau minim aktivitas selama proses pembelajaran yang membosankan dan tidak menyenangkan. Memanfaatkan media VR box dan aplikasi Kahoot, model pembelajaran PEMIMPIN menjadi salah satu upaya yang dilakukan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan motivasi siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis PTK. Selama tahun pelajaran 2022/23, 15 siswa kelas IVB di SDN Gambut 2 Kabupaten Banjar dijadikan sebagai subjek penelitian. Data kualitatif merupakan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini. Mengamati aktivitas guru, siswa, dan motivasi belajar mereka menghasilkan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan guru pada kelompok I sampai IV mendapat kaidah “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV berkembang dari aturan “sangat aktif” menjadi “sangat aktif”. Pada pertemuan I sampai IV, kemampuan berpikir kritis meningkat dari "kurang terampil" menjadi "sangat terampil". Pada pertemuan I sampai IV, keterampilan komunikasi meningkat dari "kurang terampil" menjadi "sangat terampil". Terdapat peningkatan yang klasik dalam hal ini sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa pada pertemuan I sampai dengan IV. Dapat disimpulkan bahwa model PEMIMPIN dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa serta hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023