JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 7, No 4 (2023): Agustus

PELATIHAN PEMBUATAN IKLAN DIGITAL DENGAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN WIRAUSAHA PEMULA MILENIAL

Dian Eka Amrina (Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya)
Ikbal Barlian (Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya)
Siti Fatimah (Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya)
Dwi Hasmidyani (Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya)
Edutivia Mardetini (Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Abstrak: Belum optimalnya strategi pemasaran produk, khususnya pemanfaatan aplikasi untuk membuat iklan digital yang bisa mendukung promosi produk wirausaha pemula milenial, mendorong dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Tujuan kegiatan ini memberikan pengetahuan pembuatan iklan digital dengan aplikasi canva untuk mempromosikan produk wirausaha pemula milenial. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari 11 orang wirausaha pemula milenial yang tersebar di beberapa daerah di Provinsi Sumatera Selatan dan memiliki berbagai usaha yang telah berjalan paling lama 5 tahun. Pendampingan pembuatan iklan digital ini dilakukan dengan pelatihan. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan memberikan khalayak sasaran pengetahuan mengenai konsep-konsep dasar pembuatan iklan digital yang kemudian di evaluasi dengan tes. Dari hasil evaluasi yang dilakukan diketahui peningkatan pengetahuan khalayak sasaran terkategori sedang dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,67. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pengetahuan wirausaha milenial dalam pembuatan iklan digital dengan Aplikasi canva.Abstract: The not-yet-optimal product marketing strategy, especially the use of applications to create digital advertisements that can support the promotion of millennial startup entrepreneurial products, has encouraged this community service activity. This activity aims to provide knowledge of creating digital advertisements with the Canva application to promote millennial startup entrepreneurial products. The target audience in this service activity consists of 11 millennial startup entrepreneurs who are spread across several areas in South Sumatra Province and have various businesses that have been running for a maximum of 5 years. Assistance in making digital advertisements is carried out with training. Training activities are carried out by giving the target audience knowledge about the basic concepts of making digital advertisements which are then evaluated by tests. From the results of the evaluation carried out, it is known that the increase in knowledge of the target audience is in the moderate category with an average increase of 0.67. So it can be concluded that this service activity can increase millennial entrepreneurial knowledge in making digital advertisements with the Canva application.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...