Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3, No 2 (2023): Pekodimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Pemberdayaan Masyarakat Desa Toyareka Kabupaten Purbalingga untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Masyarakat melalui “Gerakan Remaja Hebat”

Agustin Riyan Pratiwi (Universitas Perwira Purbalingga)
Shella Rizqi Amelia (Unknown)
Anastasia Anggarkusuma Arofah (Unknown)
Dyah Supriatin (Unknown)
Retno Pangestu (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Desa Toyareka Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga memiliki penduduk di usia produktif dengan jumlah yang besar, namun potensi dari para pemuda-pemudi itu belum tergali. Kurangnya motivasi dan kepercayaan diri terutama dalam bidang komunikasi menjadikan mereka sulit bersaing dengan tenaga kerja dari daerah lain. Oleh karena itu perlu adanya sebuah gerakan untuk mengoptimalkan potensi mereka yang terpendam, salah satunya adalah dengan mencanangkan “Gerakan Pemuda Hebat” dimana para pemuda-pemudi desa akan diajak untuk menggali potendi diri mereka masing-masing serta dibekali dengan berbagai pelatihan demi meningkatkan motivasi, kepercayaan diri,  kemampuan komunikasi mereka dan bagaimana membuat CV juga surat lamaran kerja yang baik. Pelatihan kepemudaan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode workshop, dimana para pemuda-pemudi desa akan diajak untuk mempraktekan materi yang diberikan langsung di ruang Laboratorium Komputer Universitas Perwira Purbalingga. Diharapkan dengan mengundang mereka ke lingkungan kampus, akan menambah semangat dan lebih membuka wawasan terhadap dunia perkuliahan sehingga hasil pelatihan akan lebih optimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pekomas

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is a multidisciplinary scientific journal published by program studi pendidikan ekonomi univeristas pamulang. This journal covers some general problems from the results of research implemented to the community. The purpose of this journal publication is ...