cover
Contact Name
Lodya Sesriyani
Contact Email
dosen01852@unpam.ac.id
Phone
+6282284273944
Journal Mail Official
jurnalpekodimas@gmail.com
Editorial Address
Editorial Office : Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Ekonomi Jl. Puspitek Raya No 10, Serpong, Tangerang Selatan. Phone : 082284273944 e-mail : jurnalpekodimas@gmail.com and dosen01852@unpam.ac.id
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 2797345X     EISSN : 28282744     DOI : -
Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is a multidisciplinary scientific journal published by program studi pendidikan ekonomi univeristas pamulang. This journal covers some general problems from the results of research implemented to the community. The purpose of this journal publication is to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of service to the community. It focuses on publishing articles on the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal holds publications from all major in science, the fields of education, arts and humanities, economic and social sciences. ISSN 2797-345X (PRINT), ISSN 2828-2744 (ONLINE) Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat has been publishing the articles since January 2021 precisely since the release of Volume 1, Number 1, 2021. Every submitted manuscript will be read by the editorial team. Manuscripts that are evaluated by editors and deemed not in accordance with criteria of journal will be rejected without external review. Then, a manuscript that has a special interest to readers is sent to peer reviewers, with two (2) different reviewers for each article by using the double blind system. After reviewing the manuscript, it will be returned to the author for revision process. In this journal, we have twenty (20) reviewers. The editorial team makes decisions based on reviewers’ recommendation. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is published twice a year, in January and July. The Editorial Board invites the authors to submit the best manuscripts to be published in this journal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 55 Documents
Penerapan AREL dalam British Parliamentary Debate untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Public Speaking Tutut Sumartini; Sukma Septian Nasution; Tito Dimas Atmawijaya; Purwanti Taman
Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): Pekodimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.747 KB)

Abstract

Pentingnya Berpikir Kritis dan berbicara bahasa Inggris saat ini semakin jelas dan termasuk pula dalam bidang pendidikan. Banyak lembaga pendidikan mengembangkan berbagai program khususnya program bahasa Inggris seperti yang selalu dilakukan oleh Jampang English Village Kemang Bogor. Tim dari Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Pamulang berinisiatif mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk melatih para siswa menggunakan debat parlementer guna meningkatkan motivasi berbicara mereka dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mempresentasikan materi tentang debat parlementer kepada mahasiswa ; (2) mengelompokkan siswa Jampang English Village, (3) beberapa kelompok bertindak sebagai kelompok afirmatif dan yang lainnya sebagai oposisi; (4) memotivasi dan berbagi tips agar mahir berbahasa Inggris. Langkah-langkah di atas dimaksudkan untuk menguatkan siswa agar lebih bertekad dalam berbicara bahasa Inggris.Kata kunci: terdiri dari 3 – 5 kata/prase pendek, urut abjad, huruf kecil, dipisahkan dengan titik koma
MOTIVATION OF VOCATIONAL STUDENTS TO CONTINUE COLLEGE TO HIGHER EDUCATION AT SMK FAJAR TUGU LELE BABAKAN CISEENG BOGOR Sri Rahayu; Jumino Jumino; Edi Mulyanto; Ade Holisoh; Tutug Srijatmiko
Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): Pekodimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.651 KB)

Abstract

ABSTRAK\Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan tinggi, diantaranya: Motivasi Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan (afektif) dan reaksi untuk mencapai tujuan Sebelum timbul minat terdapat motif dan motivasi. Motif adalah penggerak dari dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitasaktivitas tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. , motivasi diartikan juga sebagai karakteristik psikologi manusia yang memberi kontribusi pada tingkat komitmen seseorang. Motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Motivasi mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang. Sasaran kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ), ini adalah dengan mengajak para pesrta untuk mengikuti Penyuluhan dengan tema “Penyuluhan Minat para siswa untuk melajutkan kuliah ke perguruan tinggi di SMK Fajar tugu lele ciseeng bogor. 
Peningkatan Minat Sastra Melalui Keterampilan Menulis Cerpen di SMPN Satu Atap 4 Purba Sumatera Utara Ulfah Julianti; Budi Mulia; Desi Karolina Saragih; Bram Denafri
Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021): Pekodimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.329 KB)

Abstract

Learning to write can be started by reading. In addition to reading, the improvement of writing skills is also determined by motivational factors that come from within the writer because writing cannot be separated from activities that are continuously nurtured and developed. For this reason, we from the PKM Team, Sasindo Unpam lecturers, carried out outreach activities with the theme "Increasing Interest in Literature Through Short Story Writing Skills at SMPN Satu Atap 4 Purba SUMUT as a tangible manifestation of lecturers' dedication to the community to devote the Tri Dharma of Higher Education. From a series of short story writing training activities at SMPN Satu Atap 4 Purba SUMUT, the Community Service Team (PKM) of Sasindo Unpam lecturers showed that students of at SMPN Satu Atap 4 Purba SUMUT  were interested in this activity. This is evidenced by the many questions asked by students. After being given an explanation regarding short story writing techniques, the students already know how to write short stories and develop plots and plots in writing short stories.Keywords: short story; writing training; at SMPN Satu Atap 4 Purba SUMUT
Pemanfaatan Sosial Media Instagram Sebagai Media Pembelajaran: Studi Kasus Yayasan PGRI, Pondok Petir, Jawa Barat Lodya Sesriyani; Syamsul Anwar; Syafaatul Hidayati; Fanni Erda Tasia; Badrus Sholeh
Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.852 KB)

Abstract

Tujuan dari PKM ini adalah untuk mensosialisasikan IG yang notabene adalah media sosial dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran di masa pandemi seperti sekarang. PKM ini merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian salah seorang tim PKM yang telah membuktikan bahwa IG dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada matakuliah Bahasa Inggris di Unpam.. Fitur IG yang beragam dapat dimaksimalkan sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Kemudian kegiatan berikutnya guru diminta untuk melakukan praktek bagaimana secara langsung mulai dari mengembangkan materi, menyampaikan hingga proses evaluasi menggunakan IG. Kemudian terakhir dilakukan uji coba kepada salah satu kelas yang diampu oleh salah satu guru yang merupakan peserta PKM. Tindak lanjut dari PKM ini adalah PKM berkelanjutan yang dapat menerapkan sosial media atau platform daring yang lain seperti FB atau Youtube. PKM seperti ini diharapkan dapat membuka wawasan maupun pengetahuan guru- guru dalam mengatasi kebingungan dalam menyiapkan aktifitas kelas pada masa pendemi seperti sekarang ini.Kata kunci: Instagram, Media Pembelajaran, Pandemi 
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di SMK Sasmita Jaya Heri Indra Gunawan; Kusworo Kusworo; Nasmal Hamda; Purwati Yuni Rahayu; Enok Nurhasanah
Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): Pekodimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.767 KB)

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan para guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogik melalui pengembangan perangkat pembelajaran. Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran diperlukan kemampuan analisis teoritik dan praktik, teknik komputer yang baik, kreativitas serta referensi yang banyak. Selain itu, sarana prasarana yang memadai seperti jaringan internet dan komputer serta akses sumber-sumber referensi gratis yang juga perlu diperhatikan. Namun para guru masih sangat jarang dan sangat minim kompetensi dalam pengembangan pedagogik berupa perangkat pembelajaran. Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan guru-guru di SMK Sasmita Jaya tentang konsep peningkatan kompetensi pedagogik dengan pengembangan perangkat pembelajaran, metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan.Kata kunci: Pelatihan, Kompetensi Pedagogik, Perangkat Pembelajaran.
Penanaman bibit herbal Jahe Merah serta Pemanfaatannya dalam Platform Bisnis Masyarakat di Masa Pandemic Covid-19 Sania Alfaini
Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): Pekodimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.855 KB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang telah meyebar di seluruh penjuru dunia membuat banyak perubahan pada tatanan kehidupan masyarakat, semua kegiatan masyarakat menjadi terhambat dan membutuhkan alternative cara. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi peningkatan virus Covid-19,utamanya di Indonesia, salah satunya dengan meyelenggarakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku di wilayah Jawa-Bali. Hal tersebut membuat masyarakat melakukan segala aktivitas dari rumah,oleh karena itu mahasiswa IAIN Surakarta berinisiatif melakukan kegiatan KKN yang bertema “Penguatan Ketahanan Masyarakat Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Kearifan Lokal dan Moderasi Beragama” untuk meningkatkan produktivitas masyarakat di bidang ekonomi dan pendidikan di masa pandemic juga tak lupa dengan tetap menjaga protocol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Kegiatan ini dilakukan di Desa Seliran dengan pemberian sosialisasi bisnis rumahan, pendampingan belajar daring dan sosialisasi kesehatan berupa pembagian poster dan beberapa tutorial cara mencuci tangan juga menggunakan masker
Pelatihan Penggunaan Software Geogebra di SMP dan SMK Prisma Depok Sri Rezeki; Bayu Jaya Tama; Rahmawati Yuliyani
Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021): Pekodimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.86 KB)

Abstract

Abstrak Penggunaan teknologi informasi khususnya penerapan berbasis komputer mampu memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Dalam penerapan pembelajaran berbasis komputer, tidak hanya dilihat dari kemampuan guru dalam menggunakan dan memanfaatkan komputer saja dalam pembelajaran, tetapi guru-guru juga dituntut untuk lebih berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Diantaranya, penggunaan aplikasi atau software yang mendukung proses pembelajaran. Salah satu software matematika yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu software GeoGebra. Dimasa pendemi ini penggunaan software GeoGebra sangat membantu guru dalam menyusun materi serta menjelaskan materi kepada siswa. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini, tim PKM membantu mitra dengan memberikan pelatihan penggunaan software GeoGebra. Pelatihan ini bertujuan agar para guru SMP dan SMK lebih terampil dalam memanfaatkan media dalam pembelajaran. Kegiatan PKM ini dilakukan secara demonstrasi, yaitu tim PKM terlebih dahulu memberikan materi tentang software GeoGebra, dan dilanjutkan dengan memberikan pelatihan  menggunakan software GeoGebra kepada para peserta pelatihan. Dengan demikan, diharapkan guru-guru tersebut dapat memanfaatkan software GeoGebra dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Teknologi Informasi, software, Matematika, GeoGebra
Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Website Bagi Guru di MTs Ta'dibul Ummah, Parung Panjang, Bogor Dameis Surya Anggara; Candra Abdillah; Enggar Prasetyawan; Putut Said Permana; Saiful Anwar
Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.232 KB)

Abstract

Guru sebagai ujung tombak pendidikan memiliki peranan sangat penting dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan berkompeten. Berdasarkan hasil survey awal di MTs Ta'dibul Ummah Parung Panjang, Bogor, diperoleh informasi bahwa guru belum pernah mengembangkan media-media pembelajaran yang memanfaatkan TIK. Setelah dilakukan analisis mendalam melalui wawancara, ternyata kendala yang dihadapi guru adalah minimnya pengetahuan tentang TIK yang bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran, sehingga ketrampilan dalam membuatnya pun kurang. Atas dasar itu dilakukan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis website. PkM ini dilaksanakan pada 5-7 November 2020 dengan metode pelatihan. Hasil yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan guru tentang media pembelajaran. Sebelum adanya pelatihan, rata-rata pemahaman guru tentang media pembelajaran memperoleh nilai 67, sedangkan setelah diberi pelatihan menjadi 81. Kemudian dilihat dari ketrampilan membuat media, sebelum pelatihan guru tidak dapat membuat media berbasis website, tetapi setelah diberi pelatihan guru dapat membuat media pembalajaran berbasis powtoon dan animaker.Kata kunci: Media Pembelajaran, Powtoon, Animaker
Media Pembelajaran Gamification sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Lodya Sesriyani; Rusmaini Rusmaini; Saiful Anwar; Putut Said Permana; Enggar Prasetyawan
Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): Pekodimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.374 KB)

Abstract

PkM ini bertujuan untuk mensosialisasikan gamification sebagai alternatif model pembelajaran yang bisa digunakan pada pembelajaran daring. Dalam pembelajaran daring, guru menghadapi berbagai tantangan yang berasal baik dari guru maupun siswa. Tantangan yang paling dirasakan oleh guru adalah memotivasi siswa dalam belajar. Gamification dipercaya mampu untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Hal ini menjadi salah satu alasan yang melatarbelangi kegiatan ini. Pkm ini dilakukan oleh 5 orang dosen dan melibatkan 5 orang mahasiswa yang sedang menjalankan program praktek lapangan di SMPN 21 Tangerang Selatan. Kegiatan ini dimulai dengan melakukan observasi mengenai kebutuhan siswa dan guru dalam hal aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Setelah melakukan observasi ditemukan bahwa guru dan siswa membutuhkan variasi aktivitas yang mampu mengurangi rasa bosan ketika belajar daring. Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi materi mengenai alternatif penggunakan gamification sebagai model pembelajaran yang dapat dilakukan, kemudian hari berikutnya guru diberikan kesempatan untuk mengembangkan berbagai aktifitas yang melibatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran daring.Kata kunci: Pembelajaran daring, covid-19, gamification
Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah dengan Metode Isi Piringku Dewi Utari; Ngatoiatu Rohmani; Anggita Prabasiwi
Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): Pekodimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.159 KB)

Abstract

Malnutrisi pada anak mengalami peningkatan. Fenomena saat ini adalah balita dan anak-anak tidak hanya dihadapkan dengan masalah gizi kurang namun juga gizi berlebih. Adanya perubahan acuan gizi dari sebelumnya empat sehat lima sempurna menjadi pedoman gizi seimbang belum sepenuhnya dipahami dan diketahui oleh semua lapisan masyarakat, salah satunya adalah di lingkungan sekolah. Oleh karenanya pengabdian kepada masyarkat ini menyasar sekolah dasar yang beada di wilayah puskesmas pakualaman untuk diberikan pemahaman. Metode yang digunakan dalam edukasi ini adalah dengan memberikan penjelasan melalui power point dan diperjelas dengan audio viusal (video). Selanjutnya evaluasi yang digunakan adalah menggunakan puzzle. Mengingat audiens adalah anak usia sekolah di kelas V maka evaluasi dengan permainan dirasa sesuai untuk mengukur pemahaman siswa. Hasil edukasi menunjukkan 57.14% siswa memiliki pemahaman yang baik, 28.57% cukup, dan 14.28% kurang. Meskipun siswa memiliki ringkat pemahaman yang baik, namun, pemahaman yang didapatkan oleh siswa ini belum dapat diukur dalam perilaku sehari-hari.Kata kunci: Anak usia sekolah, Gizi seimbang, Isi piringku, Pengetahuan