Economics and Digital Business Review
Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January

Strategi Pemasaran Digital Yang Diterapkan Toko Kelontong Di Makassar

Ratna Dewi, Alimuddin, Reskiani, Riefky Dj Al Idrus, Taufik Bustami (Ilmu Manajemen Universitas Muslim Indonesia)
Nurdiansyah Nurdiansyah (Bisnis Digital Universitas Dipa Makassar)
Sicilya Cahyawati Mokoginta (Fakultas ekonomi prodi manajemen universitas dumoga kotamobagu)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Di Makassar peluang membuka usaha masih sangat besar, tapi banyak toko yang akhirnya membuka usaha namun tidak bertahan dalam jangka panjang. Peneliti menyadari bahwa adanya ketidak efektifan dari strategi pemasaran atau bahkan tidak adanya strategi yang diterapkan para pemilik toko dalam menjalankan usahanya yang mengakibatkan volume penjualan akan menurun dalam jangka panjang. Maka peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian mengenai pengembangan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan toko- toko kelontong di Makassar.Tujuan dari peneliti mengadakan penelitian ini adalah untuk memberi solusi agar volume penjualan di toko-toko kelontong yang ada di Makassar tetap meningkat dalam jangka waktu panjang kedepannya dan memberikan referensi strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk diaplikasikan di toko-toko kelontong di Makassar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara dalam memeroleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Hasil dari wawancara dan observasi yang peneliti lakukan adalah ada beberapa faktor yang menghambat keefektifan dari strategi pemasran yakni adanya pengaruh inflasi terhadap daya beli masyarakat, kurangnya modal dan tidak konsistennya penjual dalam menjalankan usahanya. Peneliti juga menemukan beberapa strategi yang dirasa tepat dan efektif dalam menjalankan usaha toko kelontong yaitu strategi yang diatur oleh pelanggan, strategi produk idola dan strategi penyebarluasan pasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Library & Information Science

Description

Economics and Digital Business Review, open-access journal published by STIE Amkop Makassar. It provides an academic platform for professionals and researchers to contribute innovative work in the field. Economics and Digital Business Review carries original and full-length articles that reflect the ...