Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran untuk meniningkatkan literasi finansial pada materi jenis-jenis usaha ekonomi siswa kelas V di SDN 1 Tawing. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas V SDN 1 Tawing yang berjumlah 24 siswa, dan SDN 1 Munjungan yang berjumlah 21 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 1 Tawing dan SDN 1 Munjungan yang berjumlah 45 siswa, dimana pada SDN 1 Tawing sebagai kelompok eksperimen dan pada SDN 1 Munjungan sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji Paired Sample T Test dan uji Independent Sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran berpengaruh dalam meningkatkan literasi finansial pada materi jenis-jenis usaha ekonomi siswa kelas V di SDN 1 Tawing. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikasi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai sig.(2tailed)sebesar 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa ada penggaruh penggunanan metode bermain peran dalam meningkatkan literasi finansial siswa kelas V SDN 1 Tawing.
Copyrights © 2023