Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran Game Child Indonesian Culture (CICU) terhadap kemampuan literasi budaya anak usia 5-6 tahun. Saat ini, media pembelajaran literasi budaya pada anak usia dini masih terbatas pada media pembelajaran yang bersifat konvensional yang tidak memberikan hasil optimal bagi anak. Padahal kemampuan literasi budaya pada anak usia dini penting untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia, sehingga anak mampu mengahargai keberagaman bangsa dan tetap mempertahankan perilaku sopan dan santun sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design ; yaitu model Non Equivalent Control Group Design. Jumlah subjek penelitian sebanyak 42 anak yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui teknik observasi. Untuk memastikan data penelitian, dilakukan pengujian konsistensi menggunakan metode Metode interrater reliability dengan menggunakan Cronbach’s alpha. Analisis data dengan menggunakan teknik Independent sample T test dalam penelitian ini diketahui nilai signifikansi (Sig) (2-tailed) kurang dari 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Game Child Indonesian Culture (CICU) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi budaya anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Game Child Indonesian Culture (CICU) dapat menjadi alternatif yang efektif dan menarik dalam meningkatkan kemampuan literasi budaya pada anak-anak kelompok B di TK Labschool Unesa.
Copyrights © 2023