Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper)
Vol 8, No 2 (2023): Juli 2023

Fenomena Sindrom Fear of Missing Out (FoMO) pada Digital Natives: Kontribusi Positif Atau Negatif bagi Kualitas Pembelajaran Generasi Z

Kartin Aprianti (sekolah tinggi ilmu ekonomi bima)
Weni Wendari (UNIVERSITAS SAMAWA)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Pertumbuhan pengguna media sosial sangatlah signifikan yang dipengaruhi oleh generasi Z. Generasi Z dan media sosial merupakan dua bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan sehari-hari. Hal inilah yang membuat generasi Z cenderung mengalami kecanduan dalam mengakses internet dan bermedia social. Kecanduan media sosial merupakan gangguan perilaku dalam penggunaan media sosial. Media sosial atau yang dikenal sebagai situs jejaring sosial memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan orang lain sehingga dapat membentuk ikatan sosial secara virtual, selain itu juga mempresentasikan diri secara berlebihan dan mengarah kepada kecenderungan untuk terus menggunakan media social. Lamanya generasi Z mengakses media sosial yang dilakukan bersama teman atau kelompok sosial menjadi salah satu faktor pemicu Fear of Missing Out (FoMO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat sindrom Fear of Missing Out (FoMO) pada generasi Z di Kota Bima yang diproksikan melalui media sosial addicted dan perilaku konformitas serta dampak dari fenomena Fear of Missing Out (FoMO) terhadap kualitas pembelajaran generasi Z. Sampel dalam penelitian ini adalah generasi Z yang terhubung dengan media sosial minimal 8 jam sehari. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa fenomena Fear of Missing Out (FoMO) yang diproksikan melalui media sosial addicted dan perilaku konformitas memiliki kontribusi negatif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran dengan kontribusi sebesar 37,5%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmanper

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in ...