JIKA (Jurnal Informatika)
Vol 7, No 3 (2023): JIKA (Jurnal Informatika)

GAME MAINMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMBELAJARAN BERHITUNG ANAK

Bonitalia Bonitalia (STMIK ADHI GUNA)
sri khaerawati nur (stmik adhi guna)
Supardi Ngareng (stmik adhi guna)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Perkembangan game berkembang pesat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Industri pengembangan game juga telah berkembang menjadi industri yang menjanjikan. Terbukti dengan banyaknya perusahaan proses pembelajaran dengan konsep “bermain sambil belajar”. Bagi sebagian anak, kata "belajar" sangat menakutkan. Dengan bantuan permainan edukasi yang menarik ini, anak akan mengerti bahwa belajar itu menyenangkan dan otomatis anak akan mulai belajar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi game edukasi berbasis mobile yang dapat menghibur anak-anak sekaligus memperluas pengetahuan tentang topik aritmatika atau matematika. Analisis ini menggunakan analisis deskriptif. Metode Pengujian Sistem yang peneliti gunakan adalah Research and Development (R&D). Sempel penelitian ini adalah siswa kelas IV di Kota Palu. Berdasarkan hasil dari kuesioner sebanyak 24 responden ditemukan Total skor kelayakan dari data data aspek materi dan data aspek kelayakan media sejumlah 1005 (83,75%) dari skor yang diharapkan yaitu 1200 (100%). Total skor tersebut termasuk dalam kategori Sangat Layak di gunakan untuk anak yang berusia 10 tahun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Penlitian dan Pengabdian Masyarakat merupakan Tolak Ukur aktivitas Dosen Perguruan Tinggi, berdasarkan hal tersebut maka dengan ini program studi teknik informatika di Universitas Muhammadiyah Tangerang menyediakan lahan untuk penerbitan jurnal penelitian yang dilakukan oleh dosen. Jurnal ini ...