Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi

Pengetahuan Awal Materi Pajak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan

Edutivia Mardetini (Universitas Sriwijaya)
Dwi Hasmidyani (Universitas Sriwijaya)
Dian Eka Amrina (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Pengetahuan awal mempunyai peran penting karena merupakan modal peserta didik dalam aktivitas pembelajaran dan wahana terjadinya proses negosiasi makna antara pendidik dan peserta didik berkaitan dengan materi pembelajaran. Pengetahuan awal berperan penting untuk peserta didik sebelum proses pembelajaran. Pengetahuan awal juga berkontribusi signifikan terhadap prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pengaruh pengetahuan awal pajak terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan populasinya seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Sampel penelitian 36 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah akuntansi perpajakan. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan tes. Diperoleh persamaan regresi Ytotal= 85,212 + 0,005X1 +e1. Koefisien regresi untuk pengetahuan awal bernilai positif yang berarti bahwa pengetahuan awal perpajakan berpengaruh positif terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung<Ftabel (0,561 < 2,28), yang berarti bahwa model regresi dalam penelitian ini tidak dapat digunakan untuk membuat kesimpulan. Hipotesis dalam penelitian ini ditolak artinya pengetahuan awal tidak berpengaruh terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...