Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif

Nova Pratiwi (Universitas PGRI Palembang)
Riswan Aradea (Universitas PGRI Palembang)
Januardi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana status sosial ekonomi orang tua dan tingkat melek ekonomi mempengaruhi pola konsumtif mahasiswa. Program studi pendidikan akuntansi Universitas PGRI Palembang semester gasal Tahun Akademik 2022-2023 yang beranggotakan 98 mahasiswa merupakan populasi penelitian. Data dikumpulkan melalui survey dengan tes untuk mengumpulkan data literasi ekonomi dan kuesioner digunakan untuk mempelajari pola konsumtif mahasiswa dan status sosial ekonomi orang tua. Analisis data menggunakan uji regresi berganda, dan uji normalitas data, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas diperlukan untuk memenuhi kriteria analisis. Hasil penelitian menunjukkan literasi ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap perilaku konsumsi secara bersamaan, status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terbatas terhadap perilaku konsumsi, dan literasi ekonomi berdampak terbatas terhadap perilaku konsumsi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa menyadari potensi mereka untuk membeli barang, menekankan alasan saat melakukan pembelian, dan mulai menyisihkan sebagian uang saku yang disediakan orang tua mereka untuk menabung

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...