Jurnal Ilmiah Islamic Resources
Vol 20, No 1 (2023): Juni

Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Peserta Didik

Abdul Malik (Universitas Muslim Indonesia)
St. Nur Aisyah (Universitas Muslim Indonesia)
Akhmad Syahid (Universitas Muslim Indonesia)
Ansar Ansar (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang peningkatan prestasi belajarĀ  peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan dua siklus pada 32 siswa kelas VIII A SMP Negeri 11 Makassar, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan yang menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dokumentasi, melalui pendekatan saintifik. Teknik analisis data penelitian ini digunakan rumus menghitung nilai rata-rata dan persentase data lembar kegiatan siswa dan data peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 11 Makassar. Hasil Skor rata-rata siswa pada tes pra-siklus yang diberikan oleh peneliti kepada mereka adalah 59, dengan tingkat ketuntasan 12%; Dengan persentase 59%, rata-rata nilai siswa pada Siklus I adalah 75; Selain itu, pada siklus II persentase siswa dengan nilai rata-rata 92 meningkat. Kesimpulan yang dapat ditarik dari temuan tersebut adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan akhlak mengalami peningkatan terhadap penerapan metodologi keilmuan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

islamicresources

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Islamic Resources, published by Universitas Muslim Indonesia. The subject covers textual and fieldwork studies with various perspectives of law, philosophy, mysticism, history, art, theology, and many more. The journal invites scholars and researchers outside the Institute to ...