JAS (Journal of Animal Science)
Vol 8 No 3 (2023): Journal of Animal Science (JAS) - Juli 2023

Kualitas Fisik dan Kimia Silase Jerami Padi yang dibuat dengan Penambahan Aditif Tepung Porang (Amorphophallus muelleri)

Nitty Cendrabagusti Mafefa (Fakultas Peternakan, Kelautan, dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik dan kandungan nutrisi silase jerami padi yang dibuat dengan penambahan aditif tepung porang. Penelitian dan analisis silase dilaksanakan di Laboratorium Fakultas Peternakan Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Cendana Kupang. Rancangan dalam penelitian adalah racangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan, meliputi perlakuan P0 (silase jerami padi tanpa aditif tepung porang/ kontrol), perlakuan P1 (silase jerami padi dengan tambahan aditif tepung porang 3%), P2 (silase jerami padi dengan tambahan aditif tepung porang 6%), dan P3 (silase jerami padi dengan tambahhan aditif tepung porang 9%). Variabel yang diamati adalah kualitas fisik yang meliputi warna, aroma, dan tekstur silase sedangkan kualitas kimia yaitu protein kasar (PK) dan serat kasar (SK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh sangat nyata (P<0,01) dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kualitas fisik warna. Kadar PK silase pada perlakuan P3 menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari perlakuan P0, P1, dan P2 sebesar 8,35% dan kadar SK perlakuan P3 lebih rendah dari perlakuan P0, P1, dan P2 sebesar 32,30%. Disimpulkan bahwa penggunaan tepung porang (Amorphophallus muelleri) sebagai bahan aditif dalam silase jerami padi memberikan pengaruh terhadap kualitas fisik silase jerami padi yang menghasilkan warna kuning kecokelatan hingga cokelat, aroma keasaman serta tekstur yang padat dan tidak berlendir. Kandungan nutrisi silase jerami padi beraditif tepung porang dapat meningkatkan kandungan PK sebesar 8,35% dan menurunkan kadar SK hingga 32,30%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Immunology & microbiology Veterinary

Description

Journal of Animal Science (JAS) memuat tulisan-tulisan yang berkaitan dengan hasil penelitian, artikel ulas balik (review), dan laporan kasus dalam bidang Ilmu Peternakan yang mencakup Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, Reproduksi Ternak, Pemuliaan Ternak, Kesehatan Hewan, Teknologi Hasil ...