Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023

Studi Historis Sejarah Berdiri Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Karanganyar dan Dampaknya terhadap Sosial Pendidikan Agama Islam

Riyas Agung Pangestu (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nurul Latifatul Inayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2023

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting membentuk manusia yang cerdas, unggul dan mampu berpikir kritis, sebagaimana halnya tujuan berdirinya Muhammadiyah satu abad silam. Penelitian ini mengkaji sejarah pendirian Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTs) 6 Karanganyar dan dampaknya pada pendidikan agama dan sosial. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data akan dianalisis menggunakan reduksi penyajian dan penarikan kesimpulan. Subyek yang terlibat yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru dan tokoh- tokoh masyarakat Hasil studi menunjukan bahwa MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar. didirikan pada tahun 2003 oleh para tokoh Muhammadiyah dengan membaca kultur desa Karangturi yang masih kurang kesadaran akan pentingnya pendidikan agama, didirikan bekerja sama dengan Bank Dunia, madrasah ini bukanlah sebuah warisan yang sudah jadi dan tinggal menikmati.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...