PeTeKa
Vol 6, No 3 (2023): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 08 SINTUK TOBOH GADANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Elva Refariza (STKIP Nasional)
Indah Maryuni (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakuka di SD Negeri 08 Sintuk Toboh Gadang . Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA khususnya di kelas V SD Negeri 08 Sintuk Toboh Gadang. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah guru kurang menerapkan model pembelajaran menciptakan inovasi mengajar dengan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga membuat siswa cepat bosan dan cepat lupa akan isi materi yang disampaikan bahkan ada yang tidak ingat atau tidak tahu apa yang telah disampaikan guru. Proposal penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas V SD Negeri 08 Sintuk Toboh Gadang.Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen, dengan rancangan penelitian ini adalah Design Group Comprorison. Populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas V SD Negeri 08 Sintuk Toboh Gadang. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sampling Total dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian yaitu kelas VA dan VB SD Negeri 08 Sintuk Toboh Gadang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes buatan guru pada dimensi pengetahuan ialah hasil posttets. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji persyaratan analisis dan uji hipotesis.Berdasarkan tes akhir hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar IPA dikelas eksperimen 77.47 dan rata-rata hasil belajar IPA di kelas kontrol 66.47. Artinya rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Analisis uji t diperoleh thitung = 1.86 dan ttabel = 1.68 pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk = 34. Hasil perhitungan terlihat thitung > ttabel berarti Ho ditolak artinya hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example lebih baik dari hasil belajar dengan pembelajaran konvensional. Jadi berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 08 Sintuk Toboh Gadang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...