Jurnal Adijaya Multidisiplin
Vol 1 No 04 (2023): Jurnal Adijaya Multidisiplin (JAM)

Hubungan Promosi Tanggal Kembar Dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik Pengguna Marketplace

Araminta Leilani (Universitas Negeri Jakarta)
Mari Okatini Armandari (Universitas Negeri Jakarta)
Neneng Siti Silfi Ambarwati (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

Marketplace adalah sebuah platform yang memfasilitasi transaksi bisnis online antara pembeli dan penjual. Salah satu strategi penawaran yang dilakukan marketplace untuk menarik minat konsumen yaitu mengadakan penawaran promosi tanggal kembar. Penjualanan kosmetik pada tanggal kembar membuat mahasiswi membeli secara berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan promosi tanggal kembar dengan perilaku konsumtif kosmetik pengguna marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018 –2022. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling serta menggunakan rumus slovin menghasilkan responden sebanyak 70 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan SPSS 23 pada nilai normalitas sebesar Sig. 0,200 > 0,05 pada variabel X dan Y, data berdistribusi normal. Lalu uji yang dilakukan untuk membuktikan hipotesis, yaitu uji korelasi product moment di mana menghasilkan nilai thitung = 7,487 > dari ttabel 1,99547, artinya terdapat hubungan positif antara promosi tanggal kembar dengan perilaku konsumtif kosmetik pengguna marketplace. Dengan nilai korelasi sebesar 0,672 nilai R Square sebesar 0,452, di mana dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dengan besar konstribusi variabel X sebesar 45,2 % terhadap variabel Y.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jam

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Environmental Science Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Adijaya Multidisiplin Jurnal adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Imu Manajemen, Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...