Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan
Vol 14 No 2 (2023): NOVEMBER 2023

PENGARUH PENAMBAHAN SKEG TERHADAP OLAH GERAK DAN HAMBATAN KAPAL NELAYAN DI PELABUHAN PERIKANAN PUGER, JEMBER

Hery Indria Dwi Puspita (Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Sumbersari, Jember 68121, Indonesia)
Ahmad Yasim (Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Sumbersari, Jember 68121, Indonesia)
Rudianto Rudianto (Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Sumbersari, Jember 68121, Indonesia)
Robertoes Koekoeh Koentjoro Wibowo (Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Sumbersari, Jember 68121, Indonesia)
Ramli Firdaus Kusnadi (Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Sumbersari, Jember 68121, Indonesia)
Muhamad Arju Nabilul Akmal (Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Sumbersari, Jember 68121, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2023

Abstract

Kapal ikan merupakan kapal yang digunakan melakukan aktivitas penangkapan ikan, pengangkutan ikan, dan lain-lain. Kapal penangkap ikan di Puger memiliki ciri khas tersendiri yang mana memiliki bentuk lambung gemuk dan lebar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kapal dalam olah geraknya. Namun, akan berdampak pada besarnya resistance kapal. Sehingga diperlukan komponen sebagai peredam gerakan kapal tanpa membuat bentuk lambung kapal yang gemuk dan lebar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kapal dalam kondisi perairan laut lepas terutama di Perairan Puger, sebagai landasan terkait uji karakteristik hidrodinamika pada kapal ikan di Perairan Puger dengan menambahkan komponen skeg guna meminimalisir terjadinya kecelakaan kapal oleng di masa yang akan datang. Obyek penelitian ini menggunakan model kapal yang sudah beroperasi dan kemudian dilakukan penggambaran ulang serta dimodifikasi dengan penambahan skeg yang selanjutnya dilakukan analisis hidrodinamika kapal diantaranya hambatan dan olah gerak kapal dengan menggunakan metode numerik. Sehingga diperoleh hasil hambatan dan olah gerak kapal dari pengembangan variasi lambung kapal ikan yang lebih baik 86-98% daripada tanpa menggunakan skeg. Penggunaan skeg terhadap karakteristik hambatan dan olah gerak kapal yang lebih baik yang sesuai dengan wilayah Perairan Puger.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtpk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Library & Information Science

Description

Tujuan Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan yaitu menyebarluaskan informasi ilmiah tentang perkembangan teknologi perikanan dan kelautan antara lain: teknologi perikanan tangkap, teknologi kelautan, inderaja kelautan, akustik dan instrumentasi, teknologi kapal perikanan, teknologi pengolahan ...