Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar, metode pembelajaran, media pembelajaran dan lingkungan Kampus secara parsial dan kolektif terhadap minat belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi pada mata kuliah pengantar bisnis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi mata kuliah pengantar bisnis, karena thitung (4,054) > ttabel (1,976); (2) Metode pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi mata kuliah pengantar bisnis, thitung (5,487) > ttabel (1,976); (3) Media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi mata kuliah pengantar bisnis, karena nilai thitung (5,210) > ttabel (1,976); (4) Lingkungan Kampus berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa pendidikan ekonomi mata kuliah pengantar bisnis, karena nilai thitung (4,510) > ttabel (1,976); (5) Motivasi belajar, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan lingkungan Kampus secara simultan berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi mata kuliah pengantar bisnis, karena nilai Fhitung (90,652) > Ftabel (2,66).
Copyrights © 2023