JURNAL PENELITIAN PERAWAT PROFESIONAL
Vol 6 No 2 (2024): April 2024, Jurnal Penelitian Perawat Profesional

Studi Kasus Penerapan Tepid Water Sponge Untuk Mengatasi Masalah Keperawatan Hipertermia pada Pasien Dengue Hemorraghic Fever (DHF)

Alisa Fikhul Fitriyah (Fakultas Kesehatan, Universitas Harapan Bangsa)
Murniati Murniati (Fakultas Kesehatan, Universitas Harapan Bangsa)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Indonesia salah satu negara tropis di wilayah Asia dengan angka kasus DHF yang cukup tinggi. Tercatat pada tahun 2020 jumlah kasus Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) di Indonesia yaitu 15.819 kasus dengan 121 jumlah kematian. Pasien dengan kondisi demam sesekali terjadi masalah keperawatan hipertermia atau kenaikan suhu tubuh diatas normal. Ditemukan berbagai cara dalam penatalaksanaan demam, baik dengan farmakologi maupun non farmakologi. Salah satu penatalaksanaan demam non farmakologi yaitu penerapan Teknik Tepid Water Sponge guna mengurangi suhu tubuh pasien. Tujuan penelitian ini yaitu pemberian asuhan keperawatan pada anak dengan mengalami hipertermi yang berfokus pada pemberian teknik Tepid Water Sponge terhadap penurunan suhu tubuh pada anak dengan Dengue Hemorrhagic Fever. Desain penelitian ini yaitu studi kasus pada pasien An.D di ruang Wijaya Kusuma Atas RSUD Kardinah Kota Tegal. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa setelah diberikan asuhan keperawatan dengan tindakan pemberian Tepid Water Sponge selama 3x 15 menit ditemukan suhu tubuh pasien terdapat penurunan dari 38,2°C menjadi 37,2°C, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian teknik Tepid Water Sponge dapat menurunkan suhu tubuh pada pasien hipertermia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPP

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal Penelitian Perawat Profesional merupakan sarana publikasi karya ilmiah bagi para peneliti kesehatan khususnya perawat profesional. Jurnal Penelitian Perawat Profesional diterbitkan oleh Global Health Science Group. Jurnal Penelitian Perawat Profesional menerbitkan artikel-artikel yang ...