MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2023): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pola Bilangan Melalui Pendekatan MIKIR pada Siswa Kelas VIII J MTsN 4 Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023

Lailatul - Masfufah (MTs Negeri 4 Magelang)
Kukuh Santoso (MTsN 1 Kota Magelang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendekatan MIKIR dapat meningkatkan hasil belajar pola bilangan pada siswa kelas VIII J MTsN 4 Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Pendekatan MIKIR merupakan pendekatan dari model pembelajaran aktif dengan tahapan mengalami, komunikasi, interaksi, dan refleksi. Melalui pendekatan ini diharapkan siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan menyenangkan dan bermakna. Harapannya melalui pendekatan MIKIR hasil belajar siswa pada materi pola bilangan dapat meningkat. Indikator peningkatan hasil belajar yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 75% kelas VIII J MTsN 4 Magelang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan kriteria ketuntasan minimal. Dari analisis data diperoleh persentase banyaknya siswa yang mendapatkan nilai tuntas dari pra siklus, siklus I, dan siklus II berturut-turut, yaitu 11,76%, 52,94%, dan 85,29%. Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan kriteria ketuntasan pada setiap siklus. Selain itu, data menunjukkan ketercapaian indikator peningkatan hasil belajar dengan pembelajaran melalui pendekatan MIKIR. Oleh karena itu, pembelajaran melalui pendekatan MIKIR dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi pola bilangan kelas VIII.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...