Open Access DRIVERset
Vol. 1 No. 1 (2022): Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI)

Pengaruh Penggunaan Zoom Terhadap Minat Pembelajaran Online atau Daring Menggunakan Metode Theory Planned Behaviour (TPB)

Dea Cahyaningrum Indra Astuti (Universitas Mulawarman)
Ummi Pratidina (Universitas Mulawarman)
Hesti Pratini (Universitas Mulawarman)
Bella Theressa Lawi (Universitas Mulawarman)
Achmadin Suryo Pinadekso (Universitas Mulawarman)
Eka Desi Puji Astuti (Universitas Mulawarman)
Putut Pamilih Widagdo (Universitas Mulawarman)
Amin Padmo Azam Masa (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Metode belajar daring merupakan metode belajar tanpa ada pertemuantatap muka secara langsung antara pengajar dan pelajar. Metode belajar daring dilaksanakan dengan menggunakan media perangkat teknologi. Perangkat teknologi yang digunakan berupa perangkat keras dan perangkat lunak seperti aplikasi serta website. Salah satu perangkat lunak yang marak digunakan untuk belajar daring adalah Zoom. Zoom merupakan perangkat lunak online meeting yang bisa berisikan ribuan orang dalam sebuah meeting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat menjadikan aplikasi belajar online dapat meningkatkan minat pembelajaran online atau daring. Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara empiris bahwa sikap terhadap perilaku, persepsi pengendalian diri, dan norma subjektif diidentifikasi sebagai faktor yang berpengaruh terhadap niat. Penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa nilai Outer loadings menggambarkan besarnya korelasi antar setiap item pengukuran (indikator) terhadap variabelnya, terdapat 2 indikator dengan nilai Outer loadings dibawah nilai 0.6.

Copyrights © 2022