Sebagai keterampilan yang kompleks, menulis tidak mudah diajarkan karena melibatkan banyak keterampilan dan aspek kebahasaan seperti perencanaan, penyusunan, dan penyuntingan, pengejaan, tata bahasa, tanda baca, dll. menjadi lebih kompleks yang membutuhkan cara yang menarik untuk mengajarkannya. Oleh karena itu, salah satu cara yang tampaknya cocok untuk mengajarkannya adalah dengan menggunakan media yang menarik misalnya komik strip yang dapat memudahkan siswa dalam proses menulis. Oleh karena itu, penelitian kuantitatif dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan komik strip dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Untuk melaksanakan penelitian ini, penulis menggunakan siswa kelas IX 2 sebagai subjek penelitian ini. Melalui data yang dikumpulkan dari pre-test dan post-test, diperoleh hasil bahwa penggunaan komik strip berhasil meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa yang tercermin dari hasil post-test karangan mereka yang mencakup semua aspek kebahasaan yang disebut isi, organisasi, kosakata, tata bahasa, dan mekanika. Perbedaan signifikan dalam temuan dapat dilihat pada skor rata-rata. Berdasarkan bukti-bukti tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan komik strip berhasil meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Akibatnya, menemukan cara yang menarik dalam mengajar menulis narasi seperti menggunakan komik diperlukan untuk mengatasi kesulitan menulis siswa
Copyrights © 2023