DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 4 No. 2 (2023): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDIT Ibnu Hajar Balikpapan Menggunakan Metode Inkuiri pada Pembelajaran IPAS

Muhammad Bima (SDIT Ibnu Hajar, Balikpapan)
Linda Fauziyah Ariyani (Universitas Mulia, Balikpapan)
Siska Meinita Putri Sanjaya (SD IT Ibnu Hajar, Balikpapan)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Sebagai mata pelajaran yang mengandung cakupan materi yang sangat luas, mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) memiliki beban materi yang lebih banyak dibandingkan dengan mata pelajaran yang liannya. Oleh karena itu, perlu adanya metode khusus yang lebih menarik agar tujuan pembelajaran IPAS dapat tercapai dengan optimal. Penelitian tindakan ini untuk menganalisis penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan 15 siswa sebagai subjek penelitian. Data hasil belajar siswa didapatkan melalui  angket, observasi, dan wawancara. Analisis data pada siklus pertama menunjukkan adanya peningkatan nilai dengan persentase 13,33% dalam pemahaman konsep dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai awal siswa memiliki rata-rata 76,8 meningkat menjadi 77,9. Dalam hal ini beberapa siswa masih belum mencapai nilai ketuntasan belajar yaitu 78. Sedangkan nilai pada siklus kedua menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam hasil belajar siswa dengan persentase 100% diatas nilai ketuntasan dengan rata-rata nilai sebesar 84,8. Peningkatan nilai juga diiringi dengan peningkatan dalam hal keaktifan, pemahaman, dan respons pembelajaran siswa pada pembelajaran inkuiri.  Kegiatan pembelajaran yang menerapkan metode inkuiri pada mata pelajaran IPAS dapat memberikan dampak yang signifikan untuk meningkatkan hasil prestasi dan minat belajar siswa di kelas IV SDIT Ibnu Hajar Balikpapan. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran dengan metode inkuiri dapat menjadi bukti bahwa pendekatan inkuiri bisa digunakan dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar untuk mempromosikan pemahaman yang lebih mendalam dan keterlibatan siswa yang lebih aktif dalam pembelajaran IPAS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...