Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Kepala Sekolah SDI Al Azhar 7 Sukabumi Dalam Pengimplementasian Gerakan Literasi Sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi persuasif yang dikemukakan oleh Melvin L., DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach. Adapun teori tersebut mengenai Strategi Psikodinamika, Strategi Sosiokultural dan Strategi The Meaning Construction. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah yang dilakukan kepala sekolah mengenai Strategi Komunikasi Persuasif Kepala Sekolah Dalam Pengimplementasian Gerakan Literasi Sekolah menggunakan strategi psikodinamika yang berfokus pada kampanye spanduk ajakan melalui tulisan dan gambar-gambar yang disampaikan dengan bahasa sederhana dan narasi menarik. Strategi sosiokultural menggunakan aturan, norma dan kontrol sosial pada warga sekolah melalui kegiatan kelompok kerja guru. Strategi the meaning construction kepala sekolah yaitu dengan penyampaian instruksi, dan dengan memberikan pemahaman yang sederhana.
Copyrights © 2023