Jurnal Math-UMB.EDU
Vol. 10 No. 3 (2023): JULY

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN KATEGORI SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP

Zepanya Deo Charoline Pattisina (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Hanifah Nurus Sopiany (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kategori self-regulated learning (SRL). Sampel penelitian merupakan siswa kelas VIII.C SMPN 4 Klari yang berjumlah 36 orang yang kemudian  tiga diantaranya dipilih mewakili kategori SRL untuk dideskripsikan kemampuan pemecahan masalahnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis, angket SRL dan wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa siswa dengan SRL tinggi dapat memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Siswa dengan SRL sedang dapat memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana. Siswa dengan SRL rendah dapat memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana. Kata Kunci: self-regulated learning, pemecahan masalah, matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...