Pemerintah melalui KemenKopUKM mendukung percepatan transformasi digital secara holistik dengan memprioritaskan digitalisasi pada 7 aspek, yaitu akses pasar, pemantauan kualitas produksi, akses keuangan dan pembiayaan, manajemen organisasi, kapasitas produksi, pasokan, dan distribusi atau logistik. Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman berkenaan :1) bauran promosi; 2) digital marketing; 3) digital marketing dalam mendukung bauran promosi UMKM. Langkah kerja dalam pengabdian masyarakat sebagai berikut : 1) Menetapkan jumlah peserta pelatihan yaitu UMKM di Kota Bogor; 2) Pelatihan. Hasil pelatihan sebagai berikut : 1) Respon yang positif dari peserta, yang ditunjukkan dengan pertanyaan dan tanggapan yang diberikan selama pelaksanaan kegiatan; 2) Adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan pelaku UMKM ; 3) Memahami arti pentingnya dan bagaimana melakukan digital marketing dalam mendukung bauran promosi UMKM; 3) Digital marketing merupakan salah satu unsur pengembangan usaha yang perlu dibudayakan untuk dilaksanakan oleh pelaku UMKM; 4) Sarana sharing pengetahuan konseptual akademik dengan praktek pelaksanaan pengembangan pemasaran dalam kenyataannya.
Copyrights © 2023