Penelitian ini merupakan bagian dari review literatur mengenai kedudukan dan status pendidikan dan pelatihan vokasi di Denmark serta membandingkan dengan pendidikan vokasi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang disusun dengan sistematis, sehingga menghasilkan output yang berkualitas. Sumber dari studi literatur ini berupa artikel yang berjumlah 11 artikel dan peraturan pemerintah atau undang-undang sebanyak 2 peraturan. Berdasarkan hasil review dengan dibantu oleh referensi dapat ditarik kesimpulan, bahwa reformasi 2014 pada pendidikan kejuruan di Denmark belum mampu mendekati target dari pencapaian yang diinginkan termasuk upaya-upaya yang dilakukan tidak membuat VET di Denmark diminati oleh kaum muda. Berbeda dengan Indonesia yang setiap tahunnya pendaftar sekolah kejuruan semakin meningkat mengingat bahwa peluang untuk siap kerja pada sekolah kejuruan sangat besar tetapi hal tersebut tidak didukung oleh sumber daya dan infrastruktur yang memadai, implementasi peraturan yang belum dilaksanakan dengan baik serta hal-hal lainnya yang membuat proses pembelajaran tidak efektif.
Copyrights © 2023