JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 8, No 1 (2023): JPGI

Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di kelas rendah

Melati, Citra Sukma (Unknown)
Susanto, Ratnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini diawali dengan siswa kelas III SDN 05 Tanjung Duren Selatan yang mempunyai tingkat Motivasi Belajar rendah. Hal ini diamati dari peserta didik belum memiliki kesiapan dalam menjalani pembelajaran tatap muka, metode pembelajaran yang tidak bervariasi, rendahnya dukungan serta peran dari orang tua, lingkungan rumah siswa yang cenderung kurang mendukung untuk belajar, serta hasil belajar siswa yang tidak melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini memiliki tujuan guna memahami Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi belajar kelas III SDN 05 Tanjung Duren Selatan Jakarta. Metode yang dipergunakan yaitu jenis penelitian Kuantitatif dengan metode survey, artinya pada metode survey, fakta yang didapatkan dari responded dengan mempergunakan angket guna memperoleh kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar. Hasil dari penelitian yang telah dilakasanakan, didapatkan nilai 2,069. Dari hasil uji t untuk Kompetensi Pedagogik didapat = 3,652 > 2,069 dan signifikan 0,00 < 0,05. Hasil ini membuktikan H0 ditolak H1 diterima yang memiliki artian Kompetensi Pedagogik ada pengaruh pada Motivasi Belajar siswa Kelas III SDN 05 Tanjung Duren Selatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...