Penelitian ini diawali dengan siswa kelas III SDN 05 Tanjung Duren Selatan yang mempunyai tingkat Motivasi Belajar rendah. Hal ini diamati dari peserta didik belum memiliki kesiapan dalam menjalani pembelajaran tatap muka, metode pembelajaran yang tidak bervariasi, rendahnya dukungan serta peran dari orang tua, lingkungan rumah siswa yang cenderung kurang mendukung untuk belajar, serta hasil belajar siswa yang tidak melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini memiliki tujuan guna memahami Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi belajar kelas III SDN 05 Tanjung Duren Selatan Jakarta. Metode yang dipergunakan yaitu jenis penelitian Kuantitatif dengan metode survey, artinya pada metode survey, fakta yang didapatkan dari responded dengan mempergunakan angket guna memperoleh kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar. Hasil dari penelitian yang telah dilakasanakan, didapatkan nilai 2,069. Dari hasil uji t untuk Kompetensi Pedagogik didapat = 3,652 > 2,069 dan signifikan 0,00 < 0,05. Hasil ini membuktikan H0 ditolak H1 diterima yang memiliki artian Kompetensi Pedagogik ada pengaruh pada Motivasi Belajar siswa Kelas III SDN 05 Tanjung Duren Selatan.
Copyrights © 2023