Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kampus mengajar terhadap pembentukan kompetensi pedagogik untuk mahasiswa calon guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa universitas esa unggul yang lolos mengikuti program kampus mengajar angkatan 1 dan 2 yang berjumlah 61 mahasiswa dengan sampel yaitu mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang berjumlah 36 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket. Informasi yang didapat dari responden yaitu dengan menggunakan angket ini peneliti dapat menemukan pengaruh program kampus mengajar terhadap pembentukan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru. Penelitian ini menggunakan uji parsial (uji t) untuk menentukan hipotesis. Hasil hipotesis yang diperoleh berdasarkan pengujian parsial (uji t) yaitu 9,640 (thitung) > 2,042 (ttabel) dengan signifikan 0,000 < 0,005. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara program kampus mengajar terhadap pembentukan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru.
Copyrights © 2023