Jurnal Kesehatan Tambusai
Vol. 4 No. 3 (2023): SEPTEMBER 2023

KOMUNIKASI EFEKTIF PETUGAS KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL MENGENAI PENCEGAHAN ANEMIA DI PUSKESMAS MARTAPURA

Fir’ad Setya Nugraha (Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Intan Martapura, Banjar, Indonesia)
Cut Ika Anugrah Kirana (Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Intan Martapura, Banjar, Indonesia)
Siti Faridah (Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Intan Martapura, Banjar, Indonesia)
Muhammad Nashih (Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Intan Martapura, Banjar, Indonesia)
Sopia Sopia (Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Intan Martapura, Banjar, Indonesia)
Annisa Febriana (Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Intan Martapura, Banjar, Indonesia)
Rusdiana Rusdiana (Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Intan Martapura, Banjar, Indonesia6)
Dewi Irianti (Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Intan Martapura, Banjar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada ibu hamil akibat kurang memperhatikan asupan nutrisi selama masa kehamilan, terutama asupan zat besi. Pengetahuan ibu hamil  mengenai cara mencegah anemia selama kehamilan diperlukan agar terhindar dari masalah kesehatan serta berbagai risiko kehamilan. Upaya pencegahan dan penanganan anemia pada ibu hamil dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada ibu hamil menggunakan pendekatan komunikasi secara efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang anemia pada kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara komunikasi efektif petugas kesehatan terhadap pengetahuan ibu hamil mengenai pencegahan anemia di Puskesmas Martapura. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 30 responden. Penelitian menggunakan kuesioner komunikasi efektif dan pengetahuan pencegahan ibu hamil yang kemudian di uji menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara komunikasi efektif petugas kesehatan dengan pengetahuan pencegahan anemia pada ibu hamil di Puskesmas Martapura dengan nilai p value >0.005. Komunikasi secara efektif perlu dilakukan oleh petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan maupun edukasi kepada pasien di Puskesmas. Perlunya penelitian lebih lanjut untuk melihat keefektifan komunikasi efektif yang diterapkan oleh petugas kesehatan dalam meingkatkan pengetahuan maupun kesadaran untuk mencegah terjadinya anemia selama kehamilan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkt

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

JURNAL KESEHATAN TAMBUSAI Adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian kesehatan yang terintegrasi dengan bidang kesehatan Jurnal ini berguna bagi tenaga kesehatan di dinas kesehatan, puskesmas, rumah sakit, mahasiswa kesehatan, tenaga pengajar bidang kesehatan lainnya pada umumnya. Jurnal ...