Remaja merupakan masa transisi dari anak menuju dewasa. Pada masa ini sebagian besar remaja sudah mampu menentukan makanan dan minumannya sendiri terutama pada jajanan yang dikonsumsi. Pesatnya perkembangan bisnis dibidang kuliner didasari oleh perubahan budaya dan sikap masyarakat terhadap konsumsi makanan. Hal ini didukung oleh remaja cenderung membeli jajanan terutama street food karena pilihan yang beragam dan murah. Perilaku dalam memilih street food dapat dipengaruhi banyak sekali faktor, salah satunya yaitu sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan sikap dengan perilaku pemilihan street food pada remaja di Pasar Lama Kota Tangerang. Penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan secara online melalui kuisioner google form yang disebarkan melalui media sosial Twitter, Instagram, Line dan whatsapp. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang yang masuk dalam kriteria inklusi yaitu remaja akhir berusia 17-19 tahun, berdomisili di Kota Tangerang, dan dalam sebulan terakhir pernah membeli jajanan di Pasar Lama Kota Tangerang. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja memiliki sikap yang baik (98%), dan perilaku yang positif (92%) terhadap pemilihan street food di Pasar Lama Kota Tangerang. Tidak adanya hubungan sikap dengan perilaku pemilihan street food (p=0,154) pada remaja di Pasar Lama Kota Tangerang.
Copyrights © 2023