AKSIOMA
Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Bedilius Gunur (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Apolonia Hendrice Ramda (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Anjelina Riska (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Maximus Tamur (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem solving berbantuan Geogebra dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri yang berjumlah 54 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbantuan geogebra lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...