Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 14, No 2 (2023): SEPTEMBER 2023

Analisis Kesesuaian Gambar dengan Konten pada Buku Ajar Fisika Kelas X SMA di Kabupaten Tana Toraja

Silka Silka (Universitas Kristen Indonesia Toraja)
Enos Lolang (Unknown)
Perdy Karuru (Unknown)
Alexander Pakiding (Unknown)
Bergita Gela M Saka (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2023

Abstract

Buku ajar memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu buku ajar harus sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian gambar dengan konten pada buku ajar fisika kelas X SMA di Tana Toraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana sumber data dari penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi, untuk menganalisis ketiga sampel buku yang dipilih dari tiga sekolah di Tana Toraja yaitu SMAN 2 Tana Toraja, SMA Kristen Makale, SMA PGRI Getengan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar IPA Fisika Kode B gambar yang disajikan telah sesuai konten, meskipun masih ada kekurangan dalam penyajian gambar yang masih kurang dalam buku. Pada buku ajar Interaktif IPA Fisika Kode A dan buku ajar IPA Fisika Kode C masih ada penyajian gambar yang tidak sesuai dengan konten yang disajikan.Kata kunci: buku ajar fisika, gambar, konten.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...