Al Tijarah
Vol. 6 No. 2 (2020): Al Tijarah | December

Apakah harga menjadi penentu utama pembelian jajanan ayam goreng Crispy Kaki Lima?

Muhammad Fadli Al Hawari (Sekolah Tinggi Manajemen (PPM School of Management))
Rike Penta Sitio (Sekolah Tinggi Manajemen PPM)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian costumer dalam membeli ayam goreng crispy pada pedagang kaki lima. Khususnya ayam goreng crispy kaki lima dinilai penting karena dapat dipengaruhi oleh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah costumer yang membeli ayam goreng crispy kaki lima di JABODETABEK. pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling yang merupakan bagian dari teknik nonprobability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah melakukan survey dengan kuesioner online kepada sampel yang berjumlah sebanyak 385. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji pengaruh adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan partial terhadap keputusan pembelian ayam goreng crispy kaki lima di JABODETABEK. Variabel tempat adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sehingga pelaku UMKM sangat disarankan untuk menambah booth atau gerai di lokasi yang memiliki kemudahan akses bagi para konsumen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

altijarah

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Al Tijarah is a semiannually journal published by Department of Management, Faculty of Economics and Management, University of Darussalam Gontor. In line with the objective of the Department and the University, the journal is committed to the development and promotion of contemporary issues in ...