Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 21, No 2 (2023): Agustus 2023

Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Isu Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19

Meilizza Utami (Univesitas Pancasila)
Diah Febrina (Universitas Pancasila)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2023

Abstract

Wabah COVID-19 telah mengubah banyak hal pada kehidupan manusia tidak terkecuali dalam proses belajar mengajar. Selama masa pandemi, semua lembaga pendidikan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring. Isu efektivitas menjadi sebuah hal yang patut untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menemukan koorientasi dosen dan mahasiswa dengan mengukur tingkat kesepakatan, kongruen dan akurasi antara persepsi dosen dan mahasiswa terhadap isu efektivitas pembelajaran daring. Teori koorientasi digunakan dalam penelitian ini sebagai kerangka teori. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner sebagai instrumen penelitian. Kuesioner disebarkan kepada 122 responden yang terdiri dari dosen dan mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat koorientasi antara dosen dan mahasiswa terhadap isu efektivitaspembelajaran daring. Hal ini disebabkan oleh kongruen mahasiswa dan akurasi dosen pada isu efektivitas pembelajaran daring. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa masukan bahwa dalam hal pembelajaran daring kedua pihak yaitu dosen dan mahasiswa perlu membangun komunikasi untuk menemukan cara yang efektif di masa pandemi COVID-19.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...