Jurnal Literasiologi
Vol 10 No 1 (2023): Jurnal Literasiologi

EVALUASI PEMBELAJARAN AL- QUR’AN DI MA’HAD AL-JAMI’AH DALAM MENCETAK PENGHAFAL AL-QUR’AN

Tsaniyatus Sa‟diyah (Unknown)
Fakhrudin (IAIN Curup, Indonesia)
Rini (IAIN Curup, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Setiap pembelajaran pada lembaga pendidikan islam pasti melaksanakan evaluasi,Evaluasi pembelajaran yang sudah menjadi pokok dalam proses keberlangsungan proses belajar mengajar, evaluasi pembelajaran juga ditujukan untuk menilai efektifitas strategi pembelajaran, menilai dan meningkatkan efektifitas program kurikulum, menilai dan meningkatkan efektifitas pembelajaran, membantu belajar peserta didik, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan peserta didik, serta untuk menyediakan data yang membantu dalam membuat keputusan, Evaluasi pembelajaran Al-Qur?an, Evaluasi membaca al-Qur?an merupakan upaya untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan dan kemampuan membaca atau dapat melisankan apa yang ditulis dalam al-Qur?an, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam ilmu tajwid. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik kualitatif deskriptif, kulitatif deskriptif yaitu menggambarkan secara lengkap dan tepat data yang diperoleh dari berabagai sumber untuk mencapai tujuan penelitian. Sumber data diperoleh dari Narasumber, buku-buku, jurnal- jurnal yang bersangkutan dengan judul, untuk mendapatkan hasil yang maksimal penelitian ini mengunakan teknik pendekatan Case study untuk menginterprestasikan data. Penelitian ini menyimpulkan Bahwa, proses Pembelajaran Al-Qur?an di Ma?had Al- Jami?ah dalam mencetak Penghafal Al-Qur?an, Didalam proses belajar mengajar mahasantri tentunya memiliki kemampuan yang berdeda-beda, maka dari itu mahasantri dibagi menjadi beberapa tingkatan yaitu, tahsin, tahfiz, dan Takhasus. Sedangkan di Didalam evaluasi proses pembelajaran berjalan sebagaimana mestinya, evalausi dilalakukan satu kali dalam satu semester. Adapun hasil dari evaluasi : untuk mahasantri semester 3 itu ada 47 orang hafal juz 1, 60 orang hafal 2 juz, 9 orang hafal 3 juz, dan 2 orang 4 juz. Kemudian semester 6 : 16 orang hafal 1 juz,67 orang 2 juz, 21 orang 3 juz, 15 orang 4 juz, dan 5 orang 5 juz. Dan adapun kelopom thahahsus yakni kelompok yang sudah mengfokuskan menghafal tanpa membenarkan lagi tajwid dan bacaan yakni ada : 1 orang hafal 30 juz, 1 orang 2 juz, 3 orang hafal 3 juz, 1 orang hafal 5 juz, 2 orang hafal 6 juz, 1 orang 9 juz, 2 orang 11 juz, 1 orang hafal 10 juz.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...