Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran fisika. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA di Kota Surabaya tahun akademik 2022/2023. Ada tiga tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket sikap ilmiah. Berdasarkan hasil angket diperoleh informasi berupa nilai skor rata rata sikap ilmiah tertinggi adalah indikator rasa ingin tahu 76,78% dengan nilai mendapatkan kriteria baik. Indikator rasa ingin tahu dengan nilai 71,21% mendapatkan kriteria baik. Indikator objektif sebesar 39,08% dengan kriteria cukup . Indikator cermat berkeputusan sebesar 68,96% dengan kriteria baik. Indikator terbuka 48,27% dengan kriteria kurang baik. Indikator jujur dan tekun berturut-turut sebesar 32,14 % dan 55,17% dengan kriteria masing-masing yaitu tidak baik dan cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah rata-rata siswa pada mata pelajaran fisika termasuk pada kategori cukup baik.
Copyrights © 2023