Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 4, No 2 (2023)

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbaisis Inkuiri dada Materi Fluida Dinamis untuk Peserta Didik Tingkat SMA

Arif Noprianda (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Mulyadi Abdul Wahid ((Scopus ID: 55480889700, H-index: 3) Department of Environmental Engineering, State Islamic University of Ar-Raniry, Banda Aceh)
Muhammad Nasir (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2023

Abstract

Pemahaman peserta didik terhadap konsep fisika yang benar dalam pembelajaran belum sepenuhnya tercapai. Salah satu usaha untuk dapat mewujudkan ketercapaian tersebut adalah menyediakan bahan ajar fisika yang dapat memudahkan peserta didik dalam memahami konsep tersebut. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri pada materi fluida dinamis untuk peserta didik SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Analysis, Desaign, Development, Implementation and Evaluation (EDDIE). Setelah didesain, LKPD divalidasi kepada empat orang dosen yaitu dua orang sebagai validator aspek media dan dua orang sebagai validator aspek materi dengan menggunakan instrument Lembar Validasi untuk menilai tingkat kelayakan LKPD tersebut. Setelah itu peneliti juga menilai respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan, dengan menggunakan instrument Angket. Data yang diperoleh baik dari validasi LKPD maupun respon peserta didik terhadap LKPD adalah data kualitatif (data naratif) yang kemudian diubah menjadi data kuantitatif (data terukur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD fisika berbasis inkuiri mendapatkan kelayakan dengan persentase 93,33% dalam aspek materi dan 96,83% dalam aspek media, dimana kedua aspek tersebut masuk ke dalam kriteria sangat layak. Selain itu 82,75% peserta didik memberikan respon yang positif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...