Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

EXPLORING THE USEFULNESS OF PROJECT-BASED LEARNING IN ENHANCING STUDENTS’ SCIENTIFIC WRITING SKILLS

Ida Ayu Made Sri Widiastuti (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek adalah proses pembelajaran dengan menggunakan proyek sebagai metode pengajaran sistematis yang melibatkan siswa dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui tugas penelitian, pertanyaan autentik, dan produk yang dirancang dengan baik. Penelitian ini mengeksplorasi kegunaan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan siswa. kemampuan menulis. Penelitian dilakukan di kelas pembelajaran  menulis yang terdiri dari 30 siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus pengajaran berturut-turut, setiap siklus terdiri dari dua sesi pengajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pre-test dan post-test. Penelitian menemukan bahwa keterampilan menulis ilmiah siswa meningkat secara signifikan setelah penerapan pembelajaran berbasis proyek. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pada setiap sesi pengajaran. Temuan ini menyoroti bahwa pembelajaran berbasis proyek harus dimanfaatkan secara lebih intensif untuk mengembangkan keterampilan menulis ilmiah siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...