Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam
Vol 13, No 1 (2023)

Implikasi Metode Wahdah terhadap Kekuatan Hafalan Al-Qur’an Santri Dayah Modern Darul Ulum

Rosmiarni Rosmiarni (Universitas Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Safrina Ariani (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Sri Mawaddah Mawaddah (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Realita Nurdin (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2023

Abstract

Penerapan metode wahdah pada umumnya bertujuan untuk mendapatkan hafalan Al-Qur’an yang baik dan kuat, metode wahdah sendiri merupakan metode menghafal cepat dan praktis. Metode wahdah ini diterapkan sejak lama di Dayah Modern Darul Ulum, seiring dengan dibuatnya program ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an di dayah tersebut. Peneliti melakukan penelitian di Dayah Modern Darul Ulum dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode wahdah ini di Dayah Modern Darul Ulum, apakah penerapan metode wahdah efektif terhadap kekuatan hafalan santri tahfidz Dayah Modern Darul Ulum, dan faktor apa yang menjadi hambatan dalam penerapan metode wahdah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan tes hafalan, kemudian data tersebut dianalisis melalui analisis deskptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: langkah-langkah penerapan metode wahdah di Dayah Darul Ulum Banda Aceh sebagai berikut: (a) santri membaca ayat yang akan dihafal 5 sampai 10 kali atau lebih, untuk membentuk pola bayangan; (b) setelah benar-benarhafal, barulah dilanjutkan pada ayat berikutnya; (c) setelah sampai pada ayat yang ditargetkan, maka hafalan diulang dari ayat pertama sampai pada ayatterakhir, dilakukan 10 kali atau sampai benar-benar hafal; (d) langkah selanjutnya, menyetorkan hafalan kepada ustaz atau ustazah. Penerapan metode wahdah sangat bergantung dengan waktu. Maka dari itu semakinbanyak waktu yang disediakan maka semakin efektif penerapan metode wahdah dan semakin kuat pula hafalan santri. Adapun hambatan-hambatan dalam menghafal Al-Qur’an yaitu: 1) kurangnya waktu untuk menghafal; 2) motivasi yang didapatkan sangat minim; 3) konsentrasi; 4)serta lemahnya ingatan saat menghafal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mudarrisuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MUDARRISUNA (JM) publishes scholarly articles on education science and Islamic education in particular, based on researches and project reports, book reviews. Jurnal MUDARRISUNA (JM) accepts submission in the field of education science and Islamic education science in scope Aqeedah, Morals, ...