DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 2 (2023): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Menyimak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V (Studi Pre-Eksperimen di SDN Margalaksana)

Teti Sumiati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Cece Rakhmat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dian Indihadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Kemampuan menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat fungsional dan penting untuk ditingkatkan dengan memanfaatkan inovasi yang terbaru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap kemampuan menyimak bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Margalaksana yang berada di Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya, yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan tes. Hasil nilai pretest kemampuan menyimak siswa sebelum diterapkan multimedia pembelajaran interaktif diperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 64 dan nilai rata-rata posttest setelah diterapkannya multimedia pembelajaran interaktif diperoleh nilai rata-rata sebesar 84. Hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara multimedia pembelajaran interaktif terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Setelah dilakukan penelitian diharapkan guru bisa menggunakan multimedia pembelajaran interaktif untuk dapat diterapkan pada pokok bahasan lain yang bersangkutan dengan keterampilan menyimak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...