DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 2 (2023): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Penggunaan Buku Ajar Terintegrasi STEM Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Lina Arifah Fitriyah (Universitas Hasyim Asy'
ari)

Humaidillah Kurniadi Wardana (Universitas Hasyim Asy'
ari)

Noer Af'idah (Universitas Hasyim Asy'
ari)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Buku ajar yang digunakan sekolah pada umumnya menggunakan buku teks yang disusun pemerintah namun buku teks tersebut belum menganut pendekatan STEM. Penggunaan pendekatan STEM dalam buku ajar sebagai perpaduan disiplin ilmu sains, teknologi, teknik, dan matematika untuk kemajuan dan perluasan daya cipta peserta didik melalui proses penyelesaian masalah agar memiliki keterampilan abad 21 dan dapat bersaing secara global. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan buku ajar terintegrasi STEM. Metode penelitian yang digunakan adalah single subject research. Teknik sampel menggunakan non-probability sampling yaitu purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan uji T-Paired. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar antara pretest dan posttest sehingga dapat dikatakan pembelajaran menggunakan buku ajar terintegrasi STEM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...