DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 2 (2023): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

How Do 6Cs Appearance at Elementary Schools Learning?

Poppy Anggraeni (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Sunendar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Bunyamin Maftuh (Universitas Pendidikan Indonesia)
Wahyu Sopandi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 harus diselenggarakan dengan berorientasi pada pengembangan berbabagi kompetensi yang diperlukan agar siswa dapat sukses di abad ini, terutama menyangkut 6C (character, critical thinking, creativity, citizenship, collaboration dan communication). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif mengenai profil kemunculan 6C pada pembelajaran di sekolah dasar. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan melibatkan sepuluh sekolah dasar, sepuluh orang guru dan 50 orang siswa dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemunculan pada perencanaan pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 62.04%, dan pada pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 62.57%. Berdasarkan analisis terhadap hasil uji korelasi Pearson Product Momment  menggunakan software SPSS 26 diperoleh nilai korelasi sebesar 0,667 pada taraf signifikansi 0,01, hal ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat kemunculan 6C pada perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran dan ada hubungan yang signifikan antara kemunculan 6C pada perencanaan pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya berdasarkan analisis terhadap model pembelajaran yang digunakan diketahui kemunculan 6C baik pada perencanaan pembelajaran maupun pada pelaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil yang bervariasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...