DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 2 (2023): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Analisys of Utilization of Children’s Story Books (Animals and The Environment) in Learning to Draw Illustrations

Rismawati Rismawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Cece Rakhmat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dian Indihadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Proses pembelajaran tanpa media menyebabkan siswa kesulitan dalam membentuk imajinasinya sehingga pengembangan kreativitas anak terhambat. Hal ini mendorong peneliti untuk mengkaji pemanfaatan buku cerita anak terhadap pembelajaran menggambar ilustrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan buku cerita anak sebagai media dalam pembelajaran menggambar ilustrasi siswa Sekolah Dasar. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Deudeul Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pegumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan adanya pemanfaatan buku cerita anak dalam pembelajaran menggambar ilustrasi di Sekolah Dasar Negeri Deudeul Tasikmalaya. Temuan lain yang diperoleh dari dokumentasi evaluasi pembelajaran menunjukkan data penilaian yang dilakukan terhadap hasil gambar ilustrasi dari 40 siswa kelas 5 dengan persentase dan kategori 10% cukup, 57.5% baik, dan 32.5 sangat baik. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan cerita anak layak digunakan pada pembelajaran menggambar ilustrasi. Temuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan buku ajar lebih lanjut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...