DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 2 (2023): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Pengaruh Bahan Ajar Ragam Tulis Terintegrasi Berbasis Multiliterasi Terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Rajji K. Adiredja (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tatat Hartati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Cepi Riyana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Kemampuan literasi dan multiliterasi yang rendah serta tujuan pembelajaran di sekolah untuk melatihkan kemampuan KBTT, sehingga perlu untuk menerapkan bahan ajar berbasis kemampuan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Pengaruh Bahan Ajar Ragam Tulis Terintegrasi Berbasis Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi dan Multiliterasi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.  Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design (desain kelompok tunggal dengan pretest dan posttest). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 5 Regol, SDN 2 Karangmulya, dan SDN 2 Pameungpeuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh bahan ajar ragam tulis terintegrasi berbasis keterampilan berfikir tingkat tinggi dan multiliterasi terhadap kemampuan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pada hasil posttest siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus statistic uji t menggunakan SPSS menunjukkan bahwa Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05 ,maka Ho ditolak dan Ha diterima hipotesis menyatakan bahwa ada perbedaan hasil KBTT antara sebelum dan sesudah diberikan bahan ajar. Berdasarkan analisis data tersebut dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan KBTT anak antara sebelum dan sesudah diberi bahan ajar. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh bahan ajar terhadap KBTT.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...