Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

PENGARUH MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN CURUG KULON 2 KABUPATEN TANGERANG

Ina Magdalena (Unknown)
Dilla Fadhillah (Unknown)
Lutfi Gusmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa antara siswa yang menggunakan bantuan media buku cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain Quasi eskperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Demikian juga dengan hasil perhitungn uji-t atau uji hipotesis yang dilakukan pada nilai posttest pada kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan hasil perhitungan uji hipotesis = 3.7981 > = 1.999 dengan α = 5% dan dk = ( 32 + 32 -2) = 62.Jadi hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh media buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...