Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

PENGARUH PENDEKATAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBASIS APLIKASI LECTORA TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Syifa Amanda Zahra (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Tri Isti Hartini (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Numbered Head Together (NHT) berbasis aplikasi Lectora dapat berpengaruh terhadap Interaksi di kelas IV di salah satu sekolah di Jatinegara Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interaksi Sosial Peserta Didik kelas IV SD. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperiment, dan juga desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh peserta didik kelas IV, terhadap dua kelas yaitu Kelas 4A dengan jumlah 27 siswa, dan kelas 4B dengan jumlah 27 siswa. Adapun sampel yang digunakan yaitu sebanyak 54 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis Uji T menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, dengan nilai thitung > ttabel (4,029 > 2,006). Hasilnya, dapat dikatakan bahwa pendekatan Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap Interaksi siswa di kelas IV SD. Keterbaruan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Numbered Head Together (NHT) berbasis aplikasi Lectora dalam pelajaran IPA dalam materi Gaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...