Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Numbered Head Together (NHT) berbasis aplikasi Lectora dapat berpengaruh terhadap Interaksi di kelas IV di salah satu sekolah di Jatinegara Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interaksi Sosial Peserta Didik kelas IV SD. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperiment, dan juga desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh peserta didik kelas IV, terhadap dua kelas yaitu Kelas 4A dengan jumlah 27 siswa, dan kelas 4B dengan jumlah 27 siswa. Adapun sampel yang digunakan yaitu sebanyak 54 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis Uji T menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, dengan nilai thitung > ttabel (4,029 > 2,006). Hasilnya, dapat dikatakan bahwa pendekatan Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap Interaksi siswa di kelas IV SD. Keterbaruan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Numbered Head Together (NHT) berbasis aplikasi Lectora dalam pelajaran IPA dalam materi Gaya.
Copyrights © 2023